Mac OS X Snow Leopard

Posted: September 28, 2009 in IT Holic, Pengetahuan

Mac OS X Snow Leopard

Penerbit : Apple Incorporation

Akses Web : www.apple.com

Diperkenalkan : 2001 (Leopard)

Version : 10.6

Desain Interface : GUI, Multitasking

Support : Workstation, Server

Rilis : 6 Juni 2009

Sistem Requirement :

Workstation :

· Prosesor Intel Pentium 4 (32-bit and 64-bit)

· RAM 1 GB

· Space Harddisk 5 GB, DVD drive required untuk instalasi

· Video Apple video card , assumed XVGA or better

· File systems UFS

Server :

· Prosesor Intel Core 2 Duo (32-bit and 64-bit)

· RAM 2 GB

· Space Harddisk 10 GB, DVD drive required untuk instalasi

· Video Apple video card , assumed XVGA or better

· File systems UFS

Kompatibilitas : Mac programs (some are x86 only or PowerPC specific)
Harga :

$129.00, 5 copy family pack : $199.00, Upgrade dari v10.5 (leopard) atau v10.4 (Tiger) : $29, atau 5 copy family pack : $49


1. Perbaikan Dari Instalasi Hingga Shutdown

Diperbaiki, bukan dibuat lagi

Mac OS X terkenal dengan keringkasannya, kehandalannya, dan kemudahan dalam mengunakannya. Jadi ketika hendak membuat Snow Leopard, teknisi Apple mempunyai satu tujuan, yaitu membuat yang hebat menjadi lebih baik lagi. Mereka mencari celah untuk di perbaiki, jauh lebih ringkas, dan bertenaga. Di beberapa hal mereka meningkatkan sesuatu yang hebat menjadi menakjubkan. Di bawah ini adalah beberapa contoh bagaimana pengalaman menggunakan Mac anda telah diperbaiki.

· Lebih Maju, Pencari Yang Lebih Cekatan.

Pencari telah selesai di tulis kembali di Cocoa untuk mendapatkan manfaat dari semua teknologi modern di Mac OS X, termasuk dukungan 64-bit dan Grand Central Dispatch yang membuatnya menjadi lebih responsif dari atas hingga bawah, dengan performa seketika secara menyeluruh dari Pencari dan itu termasuk fitur seperti Spotlight search options yang dapat dikostumasi dan tampilan icon yang diperbesar yang membuat anda nyaman.

Pencari yang lebih responsif.

  • PDF icon refresh 1.8x
  • JPEG icon refresh 1.4x

Waktu lebih cepat Snow Leopard dibanding Leopard.

· Tampilan dan Fitur Baru.

Exposé diperbaiki dan lebih mudah digunakan. Sekarang menyatu di dalam Dock, sehingga anda bisa hanya dengan meng-klik dan tahan icon aplikasi di dalam Dock dan semua jendela untuk aplikasi tersebut tidak teracak sehingga anda dapat dengan cepat mengganti dengan jendela yang lainnya. Exposé juga memiliki tampilan yang baru secara keseluruhan. Jendela ditampilkan dalam grid yang tertata, membuatnya lebih mudah untuk menemukan apa yang anda cari. Untuk Stack, item dalam Dock memberikan anda akses yang cepat ke folder sebuah file, dan sekarang dapat digulung sehingga anda dapat dengan mudah melihat semua item. Anda juga dapat mengarahkan ke folder dalam Stack untuk melihat file yang ada di dalamnya.

· Backup Time Machine yang Lebih Cepat.

Diperkenalkan di Mac OS X Leopard, Time Machine membuat Backup harddisk anda dengan mudah untuk pertama kali yang disimpan dalam Time Capsule. Sekarang Snow Leopard membuat Time Machine lebih cepat hingga 80% dan mengurangi waktu untuk menyelesaikan backup ke dalam Time Capsule.

 

 

· Lebih Cepat Untuk Me-wake up dan Men-shutdown.

Dengan Snow Leopard, Mac anda bisa wake up dari sleep hingga dua kali lebih cepat dan shutdown hingga 80% lebih cepat dibanding dengan Leopard, hemat waktu-waktu yang penting ketika sedang pulang ke rumah atau pergi ke airport.

Faster at common tasks.

  • Wake up 2x
  • Shut down 1.8x

Waktu lebih cepat Snow Leopard dibanding Leopard.

· Lebih Cepat dan Instalasi yang Lebih Handal.

Untuk Snow Leopard, semua proses instalasi telah diringkas, lebih efisien, dan hingga 50% lebih cepat. Sebagai contoh, Snow Leopard memeriksa aplikasi anda untuk meyakinkan kompatibilitasnya. Dengan kata lain, ketika sumber tenaga terputus, instalasi dapat dimulai kembali tanpa harus kehilangan data apapun.

· Ruang Harddisk yang Lebih Kecil

Snow Leopard cuma membutuhkan setengah dari ruang harddisk yang dibutuhkan Leopard, sehingga membebaskan sekitar 7GB.

· Penginputan Karakter Cina yang Inovatif.

Hingga Snow Leopard, jika anda ingin memasukkan karakter Cina ke dalam komputer, anda harus mengetikkan dalam fonetik pengucapan kata-kata Cina dan komputer akan mengubahnya menjadi karakter Cina yang tepat. Snow Leopard memberikan inovasi baru untuk memasukkan karakter, anda tinggal menuliskannya pada Multi-Touch trackpad di Mac notebook anda. Mereka akan muncul pada layar di jendela input baru, yang merekomendasikan karakter berdasarkan apa yang anda tulis, anda memilihnya, dan menggunakkannya.

· iChat yang Labih Handal dan Resolusi yang lebih Tinggi

Melakukan video chat menggunakan iChat lebih handal dan lebih mudah diakses lebih dari apapun di Snow Leopard. Termasuk teknologi yang mengalamatkan beberapa router yang tidak kompatibel yang dapat mengganggu sambungan. Dan jika iChat tidak dapat membuat sambungan langsung, itu akan menggunakan server pengalihan AIM untuk membuat sesi chat yang sukses.

Sekarang banyak orang mendapatkan resolusi yang tinggi, 640-by-480-pixel video chats, karena kebutuhan teknis lebih rendah dibanding permintaan maka, anda hanya membutuhkan bandwidth kebutuhan sebelumnya, 300 Kbps daripada 900 Kbps. Dan akhirnya, iChat Theater sekarang menawarkan resolusi 640-by-480, empat kali lebih besar dibanding sebelumnya.

· The right service at the right time.

Menu Services di Mac OS X mengizinkan anda menggunakan fitur dari satu aplikasi selagi sedang bekerja di yang lainnya. Pada Snow Leopard, servis lebih ringkas, lebih efisien, dan lebih bermanfaat. Menu Services nya adalah kontekstual, sehingga hanya akan menampilkan servis yang cocok untuk aplikasi yang sedang dikerjakan atau isi yang sedang dilihat dibanding semua servis yang tersedia. Anda dapat mengakses servis dengan klik kanan mouse atau Control-click di trackpad anda. Anda dapat mengkonfigurasikan menu untuk menampilkan hanya servis yang adnda inginkan, dan anda bahkan dapat membuat servis anda sendiri menggunakan automat.

· Setting Zona Waktu Otomatis.

Jika anda sedang berjalan-jalan mengelingi dunia, hal terakhir yang dipermasalahkan adalah mengatur zona waktu yang tepat. Snow Leopard mengatasinya dengan menggunakan Core Location technology yang menentukan hotspots Wi-Fi yang ada untuk mengatur zona waktu dengan otomatis, sehingga anda akan selalu tahu waktu yang tepat di mana pun anda berada.

· Mudah Dalam Memilih teks PDF.

Ketika menggunakan penampil PDF seperti Preview, pernahkah anda mencoba meng-copy teks dari PDF dokumen yang hanya memiliki lebih dari sebuah kolom, hampir mustahil. Daripada memilih hanya teks yang anda inginkan, cursor anda memilih semua teks dalam halaman, sehingga anda akan terambil semua kata-kata dari setiap kolom.

Mac OS X Snow Leopard menerapkan algoritma kecerdasan buatan yang canggih untuk memperbaiki masalah tersebut. Dengan itu akan di analisa tampilan dari setiap halaman dalam PDF untuk mengidentifikasikan kolom dari teks. Sehingga ketika anda menggunakan cursor untuk memilih teks, anda akan mendapatkan kata-kata yang anda ingikan.

· Safari yang Lebih Cepat dan Lebih Bertenaga.

Safari 4 adalah versi terbaru dari web-browser yang tercepat. Itu memproses halaman-halaman web dengan kecepatan tinggi dan mengantarkan ruang lingkup dari fitur baru, termasuk pencarian history secara penuh, pengalamatan yang cerdas, dan tempat pencarian, jalan yang inovatif untuk menampilkan situs-situs terfavorit.

Dengan Snow Leopard, Safari 4 mengantarkan hingga 50% lebih cepat sebuah JavaScript performance dengan dukungan 64-bitnya. Sebagai tambahan, Safari bahkan lebih tahan terhadap kerusakan sistem dengan mengubah masalah utama kerusakan sistem yang ada dalam Mac OS X yaitu browser plug-ins. Teknisi Apple mendesain ulang Safari untuk membuat plug-ins berjalan secara terpisah. Jika plug-in rusak dalam halaman web, Safari akan tetap berjalan.

 

 

· Bagi-Pakai file yang Lebih Efisien.

Teknologi Bonjour pada setiap Mac membuat file dan bagi-pakai media secara virtual menjadi sangat mudah. Sekarang Bonjour pada Snow Leopard membuat bagi-pakai lebih efisien energi. Jika anda memiliki komputer dalam rumah atau kantor anda yang berbagi-pakai file (seperti file media untuk Apple TV anda) maka, anda harus menyalakan komputer secara terus menerus yang sangat tidak efisien energi. Dengan Snow Leopard dan AirPort Extreme atau Time Capsule yang cocok, sehingga, komputer anda dapat sleep dahulu dan melanjutkan berbagi-pakai file dengan komputer atau perangkat lain.

2. Teknologi Terbaru di Mac OS X Snow Leopard

2.1. Teknologi 64-bit.

· Transisi ke Teknologi 64-bit.

Sekarang seluruh industri komputer sedang beralih dari teknologi komputasi 32-bit ke 64-bit. Saat ini komputer Mac dapat menampung memori fisik hingga 32GB, namun aplikasi 32-bit yang berjalan padanya hanya bisa mengalokasikan 4GB RAM pada suatu saat. Komputasi 64-bit memecahkan masalah tersebut dengan menyediakan aplikasi yang mengalokasikan memori secara teori 16 milyar GB atau 16 exabytes. Dengan itu komputer dapat mengolah data dua kali lebih cepat per putaran waktu, yang dapat meningkatkan kecepatan kalkulasi numerik dan tugas-tugas lain secara drastis. Versi sebelumnya dari Mac OS X telah menawarkan kemampuan kisaran 64-bit. Sekarang Snow Leopard mengambil langkah lebih maju dalam transisi dari 32-bit ke 64-bit.

· Aplikasi Bawaan yang Sekarang 64-bit.

Saat ini semua aplikasi sistem – termasuk the Finder, Mail, Safari, iCal, dan iChat – sekarang dibuat dan berjalan dalam kode 64-bit are now built with 64-bit code. Sehingga tidak hanya dapat memanfaatkan kegunaan memori Mac anda secara penuh, namun dengan berpindah ke aplikasi 64-bit juga meningkatkan kinerja secara keseluruhan. Maka dalam Snow Leopard, ini berarti bahwa apapun yang anda lakukan – dari menjalankan aplikasi seperti QuickTime, menjalankan JavaScript dalam Safari, hingga membuka file-file gambar – akan menjadi lebih cepat dan lebih responsif.

· Siap Menghadapi Masa Depan.

Dukungan 64-bit dalam Snow Leopard membuat Mac OS X sangat siap untuk peningkatan komputasi di masa depan. Sebagai contoh, Snow Leopard siap mendukung penggunaan RAM hingga 16TB – sekitar 500 kali lebih baik daripada yang dapat komputer Mac saat ini. Kelihatannya memang berlebihan daripada yang mungkin anda gunakan, namu siapa yang dapat mengira kebutuhan dari komputer berkinerja tinggi di masa depan?. Mac OS X datang dengan persiapan untuk segalanya.

 

· Lebih Aman dari Sebelumnya.

Keuntungan lainnya dari aplikasi 64-bit dalam Snow Leopard adalah jauh lebih aman dari hacker ataupun malware daripada versi 32-bit. Itu karena aplikasi 64-bit dapat menggunakan teknik keamanan yang lebih maju untuk menangkal kode jahat. Pertama aplikasi 64-bit dapat menyimpan datanya aman dari bahaya karena fungsi keamanan mekanisme perlewatan argumen yang lebih aman dan eksekusi berdasarkan penggunaan hardware ditiadakan untuk tumpukkan di memori.

· Kompatibilitas Dengan 32-bit.

Untuk menjamin kesederhanaan dan fleksibilitas, Mac OS X Snow Leopard membuat sebuah versi yang dapat berjalan baik dalam aplikasi 32-bit maupun 64-bit. Jadi anda tidak perlu memperbarui apapun dalam sistem anda hanya untuk berjalan hanya pada sebuah program 64-bit. Aplikasi 64-bit terbaru bekerja baik dengan media penyimpanan, kartu PCI, dan printer yang kompatibel dengan Snow Leopard anda yang ada sebelumnya.

2.2. Grand Central Dispatch.

· Dengan Multi CPU, Lebih Banyak Inti Lebih Baik.

Dulu, jalan terbaik untuk meningkatkan kinerja komputer adalah dengan meningkatkan clock speed dalam prosesor. Namun hal tersebut menimbulkan panas yang berlebih dan konsumsi daya yang lebih besar, yang sangat buruk untuk komputer, terutama untuk notebook. Jadi para pelaku industri komputer telah berlaih pada prosesor yang berinti ganda, yang dapat menyediakan kinerja lebih dengan konsumsi daya yang rendah. Saat ini setiap Mac berjalan pada satu atau lebih prosesor intel multi-inti.

· Multi-Inti, Tantangan Ganda.

Untuk mendapatkan manfaat penuh dari prosesor ini, aplikasi software harus di program menggunakan teknologi yang disebut thread. Pengembang software menggunakan thread untuk memungkinkan prosesor multi-inti untuk bekerja pada bagian berbeda dalam program pada waktu yang bersamaan. Walaupun demikian, masing-masing aplikasi harus melakukan threading nya sendiri, yang mengurangi efisiensi dari seluruh sistem. Dan karena thread dapat menjadi sulit untuk diprogram, banyak pengembang tidak menginvestasikan pengupayaan untuk membuatnya mendukung multi-inti. Oleh karena itu, banyak aplikasi tidak secepat seperti yang seharusnya mereka bisa.

· Memperkenalkan Grand Central Dispatch.

Grand Central Dispatch (GCD) dalam Mac OS X Snow Leopard menyelesaikan kebutuhan ini. Dengan GCD, thread ditangani oleh sistem operasi, bukan dengan aplikasi individual. GCD mengizinkan program dapat secara otomatis mendistribusikan pekerjaannya ke semua inti prosesor yang tersedia, menghasilkan kemungkinan kinerja terbaik disaat berjalan pada dual-core Mac mini, an 8-core Mac Pro, atau apapun yang setara dengannya. Ketika pertama kali pengembang memulai menggunakan GCD untuk aplikasinya, anda akan mulai melihat peningkatan yang signifikan dalam kinerjanya.

· Mesin yang Disetel Dengan Baik.

Grand Central Dispatch sangat efisien dalam penggunaanya. Secara dinamis memperkecil skala waktu kerja dari aplikasi untuk menyesuaikan dengan jumlah prosesor dalam komputer dan membuatnya lebih efisien dengan menggunakan hanya sejumlah thread yang dibutuhkan untuk menyelesaikannya. Sebagai contoh, tanpa GCD, jika aplikasi membutuhkan 20 thread ketika pada kapasitas maksimum, mungkin saja membutuhkan 20 thread dan konsumsi sumber daya yang terkait walaupun sedang tidak digunakan. GCD membebaskan sumber daya ketika sedang tidak digunakan, menolongnya untuk menjaga keseluruhan sistem lebih responsif. Bayangkan efisiensi dan kinerja yang didapat jika setiap aplikasi pada Mac anda menggunakan GCD.

· Dibuat Di Dalam Inti.

Grand Central Dispatch diintegrasikan dalam Mac OS X Snow Leopard, membuatnya lebih mudah untuk segala macam aplikasi untuk mendapatkan manfaat dari prosesor multi-inti yang lebih baik. Selain itu, Mac anda secara menyeluruh menjadi lebih efisien dalam menangani beberapa tugas pada waktu yang sama, sehingga menghasilkan kinerja yang lebih memuaskan.

2.3. OpenCL.

· Penggunaan General-Purpose.

Sekarang teknologi terbaru dalam Mac OS X Snow Leopard yang dikenal dengan OpenCL mengambil kekuatan dari graphics processors dan membuatnya dapat digunakan dalam komputasi untuk tujuan umum. Tak lama lagi graphics processors tak akan terbatas hanya untuk penggunaan grafik yang spesifik seperti game dan desain 3D. Sebagai gantinya, ketika pengembang mulai menggunakan OpenCL pada aplikasi nya, anda akan mendapatkan pengalaman kecepatan yang meningkat drastis dalam penggunaan aplikasi yang lebih luas.

Sebagai contoh, teknik permodelan finansial yang canggih dapat menjadi satu dalam software akunting desktop dan software finansial personal. Aplikasi media dapat ditampilkan secara kompleks, dengan operasi yang intensif dengan video dan grafis file yang lebih besar. Game dapat lebih terlihat realistis dalam simulasi nya. Dan ilmuwan serta peneliti dapat mengatasi masalah-masalah yang lebih menantang menggunakan komputer Mac nya.

· Dioptimasikan Untuk Pengerjaan Tugas.

OpenCL secara otomatis mengoptimasi berbagai macam graphics processor dalam Mac. OpenCL menyediakan presisi dan akurasi numerik yang konsisten, memperbaiki masalah yang menghambat pemrograman berbasis GPU di masa lalu.

· Familiar, Berbasis C dengan Dukungan Industri.

OpenCL berdiri sebagai Open Computing Language. Dengan pemrograman berbasis bahasa C dengan struktur yang akan terlihat familiar untuk para programmer, yang dengan mudah bisa menggunakan tools pengembang Xcode untuk mengadaptasi program mereka untuk bekerja dengan OpenCL. Mereka tidak perlu menulis ulang secara total aplikasinya untuk digunakan pada OpenCL. OpenCL adalah standar terbuka yang didukung oleh nama-nama besar dalam perindustrian, seperti AMD, Intel, dan Nvidia.

2.4. QuickTime X.

Snow Leopard memperkenalkan QuickTime X sebuah loncatan besar kedepan yang memajukan standar file media modern dan internet. QuickTime X termasuk dalam produk baru aplikasi player yang menawarkan dukungan untuk codec modern dan menyediakan file media playback yang lebih efisien, membuatnya ideal untuk berbagai macam aplikasi pemutar konten file media.

· QuickTime Player Baru.

QuickTime X merupakan merk baru dari versi QuickTime Player, aplikasi yang berdiri sendiri yang digunakan jutaan orang untuk menonton video berbasis QuickTime. Menggunakan kekuatan dari teknologi Core Animation pada Mac OS X, QuickTime Player menawarkan kebersihan, keringkasan interface dengan kontrol yang akan menghilang jika tidak sedang dibutuhkan, dan tampilan gambar yang besar membuat pengaturan bagian film lebih mudah daripada sebelumnya.

Dengan sekali klik, sekarang QuickTime Player dapat digunakan untuk mengambil audio ataupun video dengan menggunakan kamera dan mikrofon yang tersedia di Mac Anda. Anda dapat dengan mudah memotong media ke panjang durasi yang sempurna dan mengirimnya langsung ke iTunes untuk meng-singkronisasikannya ke iPhone, iPod, and Apple TV. Anda juga dapat menggunakan QuickTime Player untuk mempublikasikan file media ke MobileMe or YouTube tanpa khawatir dengan format codec dan resolusinya.

· Playback yang Halus.

QuickTime X dioptimasikan untuk media format terkini – seperti H.264 dan AAC –, melalui arsitektur file media baru ini disediakan sebuah sistem playback konten HD tanpa noise dalam sistem Mac berbasis Snow Leopard. QuickTime X memaksimalkan efisiensi dari playback file media modern dengan menggunakan graphics processor untuk memperkecil skala dan tampilan video. QuickTime X lebih jauh meningkatkan efisiensi dengan dukungan GPU-accelerated video decoding dari format H.264.

· Video Streaming dari Server Manapun.

QuickTime X membuat streaming video melalui internet naik ketingkat baru dengan dukungan HTTP live streaming. Tidak seperti teknologi streaming lainnya, HTTP live streaming menggunakan protokol HTTP yang berarti QuickTime X menyalurkan audio dan video dari hampir setiap server web dan bekerja secara handal dengan pengaturan standar firewall dan wireless router. HTTP live streaming didesain untuk mobilitas dan dapat secara dinamis meningkatkan kualitas playback film dengan mencocokkan kecepatan jaringan yang tersedia, entah ketika video ditonton di komputer maupun di perangkat mobile seperti iPhone atau iPod touch.

· High performance, High Quality.

Karena dibuat di inti Snow Leopard, QuickTime X menggunakan teknologi Mac OS X seperti Cocoa, Grand Central Dispatch, and 64-bit computing untuk menghasilkan kemungkinan kinerja yang terbaik dan memungkinkan QuickTime Player untuk tampil hingga 2.4x lebih cepat. QuickTime X juga mengambil kegunaan dari ColorSync untuk menyediakan tampilan warna dengan kualitas tinggi ketika playback dan ketika berbagi-pakai file media ke iPhone, iPod, or Apple TV anda.

 

Daftar Pustaka : http://www.apple.com

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s