Seputar Teknologi Game

Posted: Februari 27, 2010 in Game, Pengetahuan

1. Game Teknologi

Game teknologi merupakan suatu istilah untuk mengartikan perkembangan game saat ini. Bila kita lihat ke belakang, dahulu game memiliki tujuan hanya sekedar sebagai sarana hiburan, namun kini game dapat dijadikan sebagai sarana edukatif yang lebih bermanfaat bagi para penikmatnya. Oleh sebab itu para pembuatan game saat ini akan lebih mengedepankan teknologi yang digunakan agar game yang telah dibuat dapat bersaing dipasaran. Dengan kata lain, game teknologi adalah game yang dibuat dengan segala keunggulan teknologi, baik dari segi kualitas gambar, suara maupun jalan cerita. Game teknologi pun tidak hanya memiliki tujuan sebagai sarana hiburan semata, tetapi game teknologi dapat lebih merangkul segala jenis tujuan para pemainnya. Baik tujuan edukatif maupun inspiratif.

2. Teknologi Dalam Pembuatan Game

Sudah dapat dipastikan bahwa dasar teknologi dalam pembuatan game berkualitas yaitu aplikasi yang digunakan dalam pembuatan sebuah game. Baik itu aplikasi pembuat karakter maupun aplikasi pembuiatan sound effect. Namun, di antara itu semua ada hal yang jauh lebih penting, yaitu programming. Pemilihan bahasa programming dapat mempengaruhi kualitas pergerakan game maupun keluesan game tersebut. Terkadang kecacatan program game biasa kita sebut dengan “bug”. Script game dapat ditulis dengan mengunakan bahasa pemrograman seperti Visual Basic, C, C++, Java, Delphi, Phyton, dan lain sebagainya. Di sisi lain kualitas game juga ditentukan oleh teknologi hardware atau software yang digunakan oleh para pemainnya. Seperti dukungan processor, VGA card, RAM, dan lain sebagainya. Dan software pendukung seperti OS. Perlu diingat bahwa ada beberapa game yang diperlukan plugin untuk dapat memainkannya. Seperti flash player atau Java runtime.

3. Tahapan Pembuatan Game

  • 1. Tentukan Genre Game

Pertama pikirkan jenis game yang ingin Anda bikin, apakah berjenis, RPG(Role Playing Game) seperti harvest moon, FPS(First Person Shooter) seperti Counter Strike, SPS(Second Person Shooter) seperti 25 To Life, Arcade seperti Riden, Fighting seperti Street Fighter, Racing seperti Need For Speed, atau RTS(Real Time Strategy) seperti Age Of Empire. Disarankan pilihlah jenis game yang sesuai dengan kemampuan yang Anda miliki ,mudah dan cepat dalam pembuatannya.

  • 2. Tentukan Tool yang ingin digunakan

Ini bagian yang terpenting, dengan apakah Anda ingin membuat game tersebut, biasanya game dibuat dengan bahasa pemograman, jika Anda adalah seorang programer maka Anda bisa membuat game dengan bahasa pemograman yang Anda kuasai, tetapi jika Anda adalah orang yang belum begitu menguasai atau sama sekali tidak mengetahui tentang dunia pemograman maka jangan berkecil hati dan jangan menganggap bahwa membuat game dizaman sekarang masih susah, banyak sekali software yang khusus dibuat untuk membuat game dengan genre tertentu, ada software yang menggunakan bahasa pemograman dalam pembuatan game atau sama sekali tidak membutuhkan pemograman dalam pembuatannya, sehingga Anda hanya perlu menggunakan mouse untuk mengatur jalannya game, karakter jagoan, musuh dan beberapa komponen game lainnya, software untuk membuat game sangat membantu Anda dalam membuat sebuah game.

  • 3. Tentukan gameplay game

Gameplay adalah sistem jalannya game tersebut, mulai dari menu, area permainan, save, load, game over, story line, misiion sukses, mission failed, cara bermain dan sistem lainnya harus Anda tentukan, misal dalam sistem save Anda hanya akan membuat pemain bisa mensave permainan jika jagoannya sudah menuju kesebuah lokasi, kemudian ketika meload karakter jagoan akan kembali ketempat area save, atau ketika dalam menu pemain hanya akan mendapat pilihan menu play game, load game, credit dan quit, atau Anda ingin membuat game yang bercerita tentang seorang mahasiswa yang terlibat dalam perang antar geng jalanan dan mencoba untuk keluar dari permasalahan tersebut. Semua sistem yang digunakan dalam game disebut dengan gameplay. Sebisa mungkin buatlah gameplay game Anda enak untuk dimainkan dan tidak menyulitkan pemain sehingga pemain akan nyaman ketika memainkan game Anda

  • 4. Tentukan grafis yang ingin digunakan

Jenis grafis secara sederhana dapat dibagi menjadi tiga jenis yaitu jenis kartun, semi realis, atau realis. Pilih jenis grafis yang sesuai dengan kebutuhan game Anda dan sesuai dengan kemampuan Anda, kemudian pilih software apa yang ingin Anda gunakan dalam membuat gambarnya, pilihlah yang Anda anggap paling mudah digunakan.

  • 5. Tentukan suara yang ingin digunakan

Tanpa suara akan membuat game Anda kehilangan nilainya, karena itulah pilih suara yang ingin digunakan dalam permainan. Pilihan suara bisa Anda bagi-bagi menjadi beberapa bagian seperti bagian main menu, save menu, load menu, shoot, dead, mission sukses, mission failed, loading dan bagian-bagian lainnya, pemilihan suara yang digunakan harus seirama dengan bagiannya, misal untuk bagian mission failed tidak cocok jika menggunakan musik yang bersemangat, haruslah musik yang mengandung kesedihan untuk didengar sehingga akan membuat pemain makin sedih ketika jagoannya kalah. Kemudian pilih software yang ingin Anda gunakan untuk membuat atau mengedit suara yang akan digunakan dalam game

  • 6. Lakukan perencanaan waktu

Dengan perencanaan waktu akan membuat Anda makin bebas melakukan hal lainnya karena perasaan Anda tidak lagi terganggu dengan game yang belum selesai dibuat, kemudian ketika waktu pembuatan game sudah tiba Anda akan membuat game sesuai dengan urutan waktu yang sudah Anda tentukan sehingga Anda tidak bingung bagian game mana yang belum selesai dikerjakan dan yang sudah selesai dikerjakan. Perencanaan waktu pembuatan sangat baik untuk dilakukan.

  • 7. Proses pembuatan

Yang terakhir lakukan pembuatan game karena semua komponen yang Anda perlukan sudah disiapkan dari awal, lakukan proses pembuatan berdasarkan waktu yang sudah ditentukan, tidak ada salahnya Anda meminta pertolongan orang lain sehingga akan mempercepat proses pembuatan game Anda.

  • 8. Lakukan publishing

Ketika Anda sudah selesai membuat sebuah game, publish game Anda menjadi setup jika game Anda harus diinstal terlebih dahulu sebelum dimainkan atau publish menjadi exe jika game Anda bisa langsung dimainkan tanpa harus menginstalnya terlebih dahulu, metode mempublish tergantung dengan tool yang Anda gunakan untuk membuat game.

4. Profesi Dalam Pembuatan Game

Programmer Adalah orang membuat script game. Maksudnya adalah orang yang membuat dan memuat script berisi perintah-perintah sehingga game dapat berjalan semestiny. Seperti menggerakkan aktor, memainkan suara dan lain-lain.

Disain artis Adalah orang yang bertanggung jawab dalam pembuatan aktor di dalam sebuah game. Baik dari tampilan fisik maupun dari sifat si aktor tersebut.

Disain game Adalah orang yang bertanggung jawab dalam pembuatan latar belakang game. Seperti jalan cerita, penokohan, maupun latar game tersebut.

Disain Audio Adalah orang yang bertanggung jawab dalam membuat audio atau suara yang digunakan dalam game. Seperti suara efek, suara tokoh, maupun soundtrack.

Produksi Adalah orang yang bertanggung jawab dalam membuat menjadikan game tersebut secara utuh serta memproduksinya dalam jumlah besar.

Bisnis dan Marketing Adalah orang yang bertangguung jawab dalam pemasaran sebuah game. Mulai dari promosi, pencarian sponsor sampai dengan perhitungan rugi laba.

DAFTAR PUSTAKA http://bahaskomputer.blogspot.com/2009/05/tahap-pembuatan-game.html http://www.kaskus.us/showthread.php?t=2758745

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s