Motode Internet Akses yang Bisa Digunakan di Rumah

Posted: Oktober 16, 2010 in Internet, Pengetahuan

Internet, mungkin pembaca sudah banyak tahu tentang apa itu internet, karena saat membaca artikel ini pun pembaca sedang melakukan pemanfaatan internet. Tetapi umumnya para pengguna internet tersebut tidak banyak mengetahui tentang bagaimana komputernya di rumah dapat terhubung dengan internet, mereka sering kali hanya tau kalau yang penting mereka dapat berinternet ria.

Untuk terhubung dengan internet, seorang pengguna komputer harus terlebih dahulu berlangganan akses nya ke salah satu ISP (Internet Service Provider). Provider yang umumnya dikenal oleh mereka adalah Telkom Speedy untuk ISP metode ADSL, Biznet untuk ISP metode kabel optik, dan lain sebagainya. Namun apakah mereka tau apa itu ADSL, Kabel Optik, dan sebagainya itu?. Untuk mengetahui sekilas tentang hal tersebut, penulis mencoba menjabarkannya sebagai berikut :

Ada banyak jenis layanan akses internet termasuk dsl, adsl, sdsl, kabel, satelit, dan sebagainya.

1. Metode DSL
Digital Subscriber Line (DSL) adalah layanan internet broadband yang benar dikirimkan melalui saluran telepon biasa dan sering disediakan oleh perusahaan telepon rumah setempat. Meskipun menggunakan saluran telepon Anda, itu tidak mengganggu dengan cara apapun dengan telepon Anda, penelepon id, mesin penjawab, atau peralatan telepon lainnya. Hal ini biasanya tersedia dalam kecepatan dari 144Kb ke 3MB, tapi bahkan lebih cepat kecepatan yang tersedia dari beberapa penyedia. teknologi ini sering disebut juga dengan istilah teknologi suntikan atau injection technology.
Sehingga telepon hanya menggunakan sebagian frekwensi yang mampu dihantarkan oleh kabel tembaga. Sedangkan DSL memanfaatkan lebih banyak frekwensi dengan membaginya (splitting), frekwensi yang lebih tinggi untuk data dan frekwensi yang lebih rendah untuk suara dan fax.
*Kelebihan
DSL memberikan banyak keuntungan. Karena memakai jaringan tembaga yang telah tersedia berarti tidak perlu memasang prasarana lagi sehingga DSL menjadi lebih murah. Selain itu DSL adalah layanan langsung yang selalu terhubung dengan ISP dan tidak membayar per menit. DSL dapat memenuhi kebutuhan akan transmisi data dengan kecepatan tinggi serta ragam layanan tapi pengadaan dan pemeliharaan layanan DSL tidak selalu mudah. Masalah yang ada antara lain keterbatasan jarak jangkauan, pelayanan serta dukungan teknis purna jual yang kurang baik untuk pelanggan.
*Kekurangan
Terdapat tiga hambatan yang dihadapi saat ini yaitu panjang kabel telepon tembaga ke pelanggan, adanya load coils, dan serat optik yang digunakan untuk beberapa jalur telepon.
2. Metode ADSL
Jenis DSL perumahan umum digunakan adalah Asymmetric Digital Subscriber Line (ADSL). Ini adalah asimetris dalam arti bahwa ia dapat men-download (menerima) data jauh lebih cepat daripada yang dapat meng-upload (mengirim) data.has penjelajahan internet sebagian besar menyangkut download data dari web server, jadi asimetri ini bekerja dengan baik untuk digunakan di rumah. Plus sering asimetris ini memungkinkan penghematan biaya besar.
Ciri-ciri ADSL sendiri memiliki bermacam-macam jenis dengan kecepatan, jenis router, USB dan perangkat lain yang ada di dalamnya. Misalnya ada yang dapat dipakai untuk dua komputer dengan menggunakan sambungan USB, tapi ada juga yang dapat digunakan untuk empat komputer dengan koneksi LAN Ethernet.
*Kelebihan ADSL
  1. Pembagian frekuensi menjadi dua, yaitu frekuensi tinggi untuk menghantarkan data, sementara frekuensi rendah untuk menghantarkan suara dan fax.
  2. Bagi pengguna di Indonesia yang memakai program Speedy, penggunaan ADSL membuat kegiatan Internet menjadi jauh lebih murah. Sehingga kita dapat berInternet tanpa khawatir dengan tagihan yang membengkak.

*Kekurangan ADSL

  1. Seperti sangat berpengaruhnya jarak pada kecepatan pengiriman data. Semakin jauh jarak antara modem dengan PC, atau saluran telepon kita dengan gardu telepon, maka semakin lambat pula kecepatan mengakses Internetnya.
  2. Tidak semua software dapat menggunakan modem ADSL. Misalnya Mac. Cara yang dipakai pun akan lebih rumit dan ada kemungkinan memakan waktu lama. Sehingga pengguna Linux harus menggantinya dengan software yang lebih umum seperti Windows XP dan Linux.
  3. Adanya Load Coils yang dipakai untuk memberikan layanan telepon ke daerah-daerah, sementara load coils sendiri adalah peralatan induksi yang menggeser frekuensi pembawa ke atas. Sayangnya load coils menggeser frekuensi suara ke frekuensi yang biasa digunakan DSL. Sehingga mengakibatkan terjadinya interferensi dan ketidak cocokkan jalur untuk ADSL.
  4. Adanya Bridged Tap, yaitu bagian kabel yang tidak berada pada jalur yang langsung antara pelanggan dan CO. Bridged tap ini dapat menimbulkan noise yang mengganggu kinerja DSL.
  5. Penggunaan fiber optic pada saluran telepon digital yang dipakai saat ini. Di mana penggunaan fiber optic ini tidak sesuai dengan sistem ADSL yang masih menggunakan saluran analog yaitu kabel tembaga, sehingga akan sulit dalam pengiriman sinyal melalui fiber optic.
  6. Kecepatan koneksi modem ADSL masih tergantung dengan jarak tiang TELKOM atau DSLAM terdekat, artinya jika jarak modem ADSL dengan DSLAM jauh maka kecepatan koneksi akan menurun karena banyaknya hambatan medium yang dilaluinya dan sebaliknya jika jaraknya dekat, koneksinya akan mencapai yang diharapkan.
3. Metode Kabel
Kabel akses internet umumnya ditawarkan oleh perusahaan sama yang menyediakan TV kabel. Bekerja pada kabel koaksial yang sama bahwa sinyal TV datang, tetapi tidak efek sinyal TV Anda. Karena itu anda dapat menggunakan internet dan menonton TV pada waktu yang sama.Biasanya, kabel menyediakan akses internet maksimum 1.5 – 6MB bandwidth pada sistem.
Namun, setiap orang di segmen jaringan anda berbagi adalah bandwidth, sehingga kinerja dapat jauh lebih rendah, terutama jika banyak orang di lingkungan Anda menggunakan layanan ini.Mereka mungkin juga membatasi bandwidth pribadi Anda, sehingga Anda tidak akan pernah melihat bandwidth puncak bahkan ketika segmen jaringan anda jelas.Karena Anda adalah segmen jaringan berbagi dengan pengguna lain, akan ada resiko keamanan dengan kabel modem.
4. Metode Satelit
Dengan akses internet satelit, data yang dikirim antara parabola kecil di rumah Anda dan satelit di ruang angkasa.Data ini kemudian diteruskan ke stasiun induk yang memiliki koneksi langsung ke internet dan bertindak sebagai hub.Terutama bagi mereka yang di daerah pedesaan yang tidak bisa mendapatkan DSL atau kabel akses internet, ISP satelit dapat menjadi cara yang baik untuk mendapatkan layanan broadband.

Akses Internet via Satelit: sebuah layangan Internet yang menggunakan antena parabola yang dapat menyediakan akses download hingga 400 kilobits per detik (400 kbps).

Kelebihan :

* Kehebatan satelit ini dapat dipergunakan oleh orang-orang yang tinggal di daerah-daerah di mana internet dial up tidak mungkin mungkin dapat menggunakan kecepatan tinggi layanan internet satelit
* Satelit layanan Internet terjangkau-sering lebih murah daripada jenis lainnya koneksi internet kecepatan tinggi
* Satelit layanan internet tersedia di mana-mana di Continental Amerika Serikat.
* Kecepatan koneksi berkecepatan tinggi layanan internet satelit jauh lebih cepat daripada dial up.
* Ada hampir tidak ada batas maksimal upload dan download dari internet karena terdapat begitu banyak titik kontak.

Kekurangan :

* Internet satelit ini dapat diperlambat oleh kondisi cuaca (seperti satelit televisi) yang sangat mengganggu.

* Meskipun berada pada kecepatan tinggi, Penyedia layanan internet satelit masih memungkinkan Anda untuk tetap melakukan dial up ke internet.

5. Metode Nirkabel (Mobile Broadband): Wi-Fi dan 3G

Makin banyak orang yang memakai laptop, ponsel cerdas dan PDA untuk mengakses internet melalui jaringan nirkabel yang menggunakan gelombang radio dalam transmisi data.

 

Wi-Fi singkatan dari wireless fidelity, Wi-Fi adalah sebutan untuk beberapa standar – disebut rumpun standar 802.11 – yang dibuat oleh IEEE (Institute of Electrical and Electronic Engineers) dalam transmisi nirkabel. Salah satu standar yakni 802.11b, memungkinkan transmisi data secara nirkabel dengan kecepatan 1 sampai 11 Mbps sejauh 300 kaki (sekitar 90 m) dari access point atau hotspot, yaitu stasiun yang mengirim dan menerima data dari dan ke jaringan Wi-Fi. Saat ini, telah banyak hotel, bandara, perpustakaan, gedung publik dan area makanan cepat saji yang menawarkan hotspot. Hotspot bisa memperoleh akses akses internet dari DSL, modem kabel, LAN T1, layanan dial-up dan lain-lain.setelah hotspot memliki koneksi internet, maka koneksi internet dapat disebarkan (broadcast) secara nirkabel.

 

Nirkabel 3G adalah teknologi nirkabel berkecepatan tinggi yang tidak membutuhkan access point karena 3G menggunakan sistem ponsel yang telah ada.

Sumber :

– adayz-wish.blogspot.com

-wikipedia

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s